Print this page

TAHUKAH ANDA BAHAYA TINGGINYA GULA DARAH TERHADAP INFEKSI COVID-19

Ditulis Oleh | Kamis, 22 Juli 2021 04:48
Beri Rating
(1 Vote)
TAHUKAH ANDA BAHAYA TINGGINYA GULA DARAH TERHADAP INFEKSI COVID-19

Kadar Gula Darah Tinggi Memperburuk Infeksi Covid-19.

Penyandang diabetes melitus perlu menjaga kadar gula darahnya tetap normal di masa pandemi. Sebab, kadar gula darah yang tinggi dapat memperburuk keparahan infeksi Covid-19. Diabetes melitus termasuk penyakit kedua terbesar sebagai komorbid (penyakit penyerta) yang memperburuk infeksi Covid-19, setelah tekanan darah tinggi. “Orang dengan diabetes memiliki risiko 3-4 kali lipat mengalami kefatalan bila terkena Covid-19. Kadar gula darah yang tinggi merusak tubuh dan membuat imunitas tubuh lebih rendah sehingga tidak optimal melawan infeksi.

organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah Covid 19 sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Mereka yang memiliki kondisi medis serius, salah satunya diabetes, sangat rentan mengalami komplikasi parah akibat virus Corona. Ketika penderita diabetes mengalami infeksi virus, mereka akan lebih sulit untuk diobati karena fluktuasi kadar glukosa darah dan risiko adanya komplikasi diabetes. Penderita diabetes rentan mengalami gejala parah akibat Covid-19 karena sistem kekebalan tubuh mereka telah terganggu. Akibatnya, tubuh menjadi sulit untuk melawan virus dan membuat masa pemulihan berjalan lebih lama. Selain itu, virus dapat berkembang dalam lingkungan glukosa darah tinggi. Seperti penyakit pernapasan lainnya, Covid-19 menular melalui tetesan udara yang tersebar ketika orang yang terinfeksi berbicara, bersin, atau batuk. Virus dapat bertahan dari beberapa jam hingga beberapa hari tergantung pada kondisi lingkungan. Hal ini dapat menyebar melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi atau melalui kontak dengan lingkungan yang terkontaminasi. Infeksi virus juga dapat meningkatkan peradangan, atau pembengkakan internal, pada penderita diabetes.

Dibaca 71 Kali Terakhir Diperbaharui Kamis, 22 Juli 2021 05:01
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
  • 1