Puskesmas Kupang Kota

Warta Puskesmas

PERAWATAN PALIATIF BERBASIS HOME CARE KOTA KUPANG

Ditulis Oleh | Jumat, 29 Juli 2022 01:11
Beri Rating
(1 Vote)
PERAWATAN PALIATIF BERBASIS HOME CARE KOTA KUPANG

         Perawatan paliatif adalah pelayanan kepada pasien yang penyakitnya sudah tidak bereaksi terhadap pengobatan kuratif, atau tidak dapat disembuhkan secara medis (stadium akhir). Tujuan perawatan paliatif adalah untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dalam menghadapi setiap penyakit yang diderita dan mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan tenang dan nyaman tanpa merasa tertekan atas penyakit yang diderita, baik secara fisik (nyeri, mual, muntah) maupun psikis yang berbasis spiritual.

 

Dikota Kupang telah ada Poliatif di RSUD SK LERIK,yang mana telah dilakukan pelayana perawatan Paliatif sejak 23 Juni 2022 Dan Dilakukan Launching pada 05 Agustus 2022 lalu, Perawatan paliatif merupakan pelayanan sosial sehingga tidak mendatangkan banyak keuntungan. Di Indonesia, pelayanan paliatif belum optimal,  hanya ada beberapa pelayanan paliatif dengan metode HHC (Hospice Home Care) atau dengan mengunjungi rumah pasien yang kebanyakan dikhususkan untuk penderita kankerstroke, Alzheimer, HIV-AIDS, Diabetes, Tumor Ganas dll. 

 

Poli Paliatif sendiri berada di RSUD S K Lerrick yang bertempat di jalan Timor Raya, Yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Kota Kupang. pada setiap kunjungan rumah ke pasien, Tim ini terdiri dari Dokter umum, Dokter Onkologi,Perawat, Gizi Klinik, Psikologi dan pendamping Rohani. seperti pada 28 Juni 2022 kemarin dilakukan kunjungan rumah ke pasien di kelurahan Solor yang di dampingi Langsung Bapak Walikota Kupang Dr. Jefirstson R Riwu Kore, SE MM.

 

 

 

 

Pada kunjungan ini Bapak Walikota  juga Mendukung dan  memberikan Suport kepada pasien serta membanu pasien dalam kepemilikan kartu jaminan Kesehatan dari awalnya Mandiri menjadi Kartu Indonesia Sehat. kegitan ini bersifat Gratis dan dilaksanakan masih pada saat jam kerja ASN dan dilayani sesuai kebutuhan Perawat dari masing-masing pasien. ujar salah satu petugas, Ibu Adrian Luan yang bertugas di Puskesmas Kupang Kota sebagai Perawat.

Dibaca 44 Kali Terakhir Diperbaharui Jumat, 26 Agustus 2022 01:07
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
  • 1