Puskesmas Kupang Kota

Warta Puskesmas

PELATIHAN QGIS TINGKAT PUSKESMAS KUPANG KOTA 2020

Ditulis Oleh | Selasa, 06 Oktober 2020 02:07
Beri Rating
(0 votes)
PELATIHAN QGIS TINGKAT PUSKESMAS KUPANG KOTA 2020

Puksesmas Kupang Kota pada Era Digital ini menerapkan Pelatihann QGIS pada semua staf yang membutuhkan aplkasi ini yang sangat berguna erat dalam pemetaan dan pelaporan Kegiatan-kegiatan pelayanan di wilayah kerja masing-masing.

Adapun pada kegiatan yang dilakukan 3 kali ini di area Puskesmas Kupang Kota yang dibimbing oleh Narasumber yakni Ibu Ukayah & Ibu Anna Basy yang telah dilatih sebelumnya oleh pakarnya.

 

QUANTUM GIS  : adalah merupakan Program Pemetaan yang berbasis Data Spasial, sehingga data yang dapat digunakan adalah data yang mempunyai koordinat atau petunjuk lokasi secara Internasional dapat pengakuan, yakni : Longitude (meridian) atau disebut juga BUJUR (sumbu X) dan Latitude (paralel) yang disebut juga sebagai LINTANG (sumbu Y).

DATA SPASIAL : tersebut dapat digunakan atau dapat dianalisis lebih lanjut apabila ada data atribut atau data pelengkap yang berkaitan dengan data lokasi tersebut diatas, serta data tanggal yang berguna untuk analisis, karena mengandung kapan data tersebut dilakukan pengambilan.

Program ini sangat cepat berkembang, sebulan yang lalu kami download program terbaru yakni versi Nodebo 2.16, sekarang sudah keluar program baru lagi versi Las Palmas 2.18, akan tetapi hal tersebut bukan menjadi masalah bagi pengguna yang sudah pernah bisa dengan program terdahulu.

Program ini sangat konpatibel, sangat cocok dan harmonis terhadap program spread sheet EXCEL, dari excel data dapat diakuisi atau disetarakan dengan menggunakan media Comma Separated Values file CSV (MS-DOS) yang ada di excel agar dapat dibaca atau diakuisi sebagai Shape File di QUANTUM GIS. Dengan adanya hal tersebut para pengguna yang sudah familiar dengan excel akan lebih mudah lagi menganalisis lebih lanjut dengan menggunakan QUANTUM GIS.

Program ini dapat dengan mudah memanipulasi data yang ada sehingga analisis data lebih bervariasi sehingga selain statistik, data ini juga dapat digunakan sebagai Analisis secara Spasial.

Buku manual ini kami terbitkan untuk para pengguna pemula yang akan lebih mudah mempelajari dasar-dasar Program Geographic Information System (GIS) untuk bekal ke tingkat lanjut.

Adapun program ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dalam pemetaan wilayah kerja agar mempermudah dalam presentasi. Terimakasih

Dibaca 155 Kali Terakhir Diperbaharui Selasa, 06 Oktober 2020 02:14
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
  • 1