Puskesmas Kupang Kota

Warta Puskesmas

HIDUP SEHAT LANJUT USIA 2020 BERSAMA PUSKESMAS KUPANG KOTA

Ditulis Oleh | Jumat, 31 Januari 2020 00:18
Beri Rating
(0 votes)
HIDUP SEHAT LANJUT USIA 2020 BERSAMA PUSKESMAS KUPANG KOTA

Puskesmas Kupang Kota untuk Kedua kalinya di Tahun 2020 mengadakan kegiatan Prolanis (Program pengelolaan Penyakit Kronis) sebagai bentuk pelayanan BPJS terhadap peserta JKN yang mengalami masalah kesehatan berupa Tekanan darah tinggi dan Diabetes.

Kegiatan dikemas dalam bentuk Senam Prolanis, Pemeriksaan Kesehatan berupa Pemeriksaan Tekanan darah, Pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan untuk menentukan IMT (Indeks Massa Tubuh), Pemeriksaan Gula darah serta kegiatan Penyuluhan sehubungan dengan keterkaitan antara Penyakit Tekanan darah tinggi dan Diabetes. Kegiatan dipusatkan di Aula Puskesmas Kupang Kota pada tanggal 24 Januari 2020, Dengan Jumlah Total peserta sebanyak 68 orang yang dihadiri hanya 58 pasien. Kegiatan di Puskesmas Kupang Kota dijadwalkan setiap hari jumat dan di khususkan kegiatan Senam hanya pada minggu ke 2 dan 3. Selain itu hanya pemeriksaan seperti biasa. Tutur pengelola Prolanis Puskesmas Kupang Kota Ibu Sarlince Reke, SKM.

Prolanis merupakan Program Pengelolaan Penyakit Kronis yang setiap bulan dilakukan di wilayah kerja pusk.kupang kota... Kegiatan Prolanis bertujuan untuk memantau kesehatan dari peserta dgn penyakit kronis seperti HT, DM, Hyperlipdemia, dll.... Beberapa kegiatan dalam prolanis seperti : senam, edukasi dan pemantauan kesehatan oleh dokter..

 

Edukasi Kesehatan

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam prolanis adalah edukasi kesehatan yang telah dilakukan sejak awal prolanis dilaksanakan. Narasumber edukasi kesehatan ini adalah para dokter yang bertugas di Puskesmas Kupang Kota, dengan materi yang diberikan adalah hal-hal yang berkaitan dengan penyakit kronis dengan tambahan beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan lansia.

 

Media Edukasi

Dalam setiap pelaksanaannya, Puskesmas Kupang Kota selalu menyiapkan materi dalam bentuk leaflet sebagai media sumber informasi bagi pemberi edukasi dan target edukasi kesehatan. Tentunya tidak mudah menyiapkan seluruh kegiatan prolanis ini, perlu kerjasama dari berbagai pihak di Puskesmas Kupang Kota, mulai dari pengelola prolanis, tenaga medis, teknologi informasi, hingga pihak luar yang berkaitan.

 

Dibaca 588 Kali Terakhir Diperbaharui Sabtu, 01 Februari 2020 03:10
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
  • 1