Puskesmas Kupang Kota

Info Kesehatan

VITAMIN A ? TAK KENAL TAK SAYANGN!!!!

Ditulis Oleh | Senin, 18 Juli 2022 02:19
Beri Rating
(0 votes)
VITAMIN A ? TAK KENAL TAK SAYANGN!!!!

AYO MARI KITA BUDAYAKAN MEMBACA DAN LEBIH MENGENAL APA ITU VITAMIN A, DAN KEGUNAAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SERTA AKIBAT KEKURANGAN & KELEBIHAN VITAMIN A SENDIRI.

 

Jenis Vitamin A

  • Retinoid – yang berasal dari produk hewani.
  • Beta-karoten yang berasal dari tumbuhan.
  1. Dapat membersihkan darah

Kandungan retinol, dan asam rerinoat yang ada pada vitamin A mampu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh diseluruh tubuh sehingga mencegah timbulnya peradangan pada jerawat dan bisul bisul yang diakibatkan karena darah kotor (darah kotor cenderung disebabkan karena kurang lancarnya darah mengalir secara normal pada seluruh  jaringan organ dalam tubuh)

baik untuk membersihkan darah

 

  1. Melindungi kesehatan rongga hidung

Kandungan viratamin A msmpu mengikat dan meningkatakan kondisi tubuh selalu berada pada kondisi terbaiknya , terutama selaput lendir yang ada didalam rongga hidung agar tetap mampu menyaring oksigen yang kemungkinan membawa partikel kecil yang dihasilkan oleh radikal bebas.

  1. Melancarkan fungsi repoduksi pria

Vitamin A dapat meningkatkan keberhasilan pembentukan sperma yang baik, sehingga dapat menjaga dan menyusun kadar kekentalan dan kesuburan sperma pada kondisi yang terbaik.

  1. Menyehatkan kondisi indung telur pada wanita

Vitamin A dapat menyehatkan kondisi indung telur dan memanrtapokan kesiapan untuk segera dibuahi ketika terjadi pembuahan.

  1. Memperkuat plasenta bayi

Vitamin A mampu menjaga keelastisan dan kekenyalan dinding  plasenta sehingga tidak mudah teriritasi dan akan sulit untuk terserang peradangan ketika ada radikal bebas tak sengaja masuk dalam tubuh ibu hamil.

  1. Meningkatkan kesehatan janin

Pad ibu hamil jika kebutuhan vitamin A tercukupi selama masa kehamilan maka pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh bayi yang telah terbentuk akan semakin kuat hingga masa persalinan tiba tanpa hambatan.

  1. Sebagai anti oksidan aktif dan kuat

Kandungan retinol yang ada pada vitamin A  sangat aktif dalam menghambat partikel beracun yang dibawa oleh radikal bebas dari  dalam tubuh  dan luar tubuh.

  1. Menjadi kekebalan tubuh secara nyata

Konsisten dalam mengkonsumsi vitamin A setiap hari dapat mengakibatkan tubuh membentuk senyawa yang mampu melindungi organ tubuh dari serangan virus, jamur, bakteri, kuman, dan pantogen yang terbawa dari radikal bebas lewat makanan, obat obatan, udara dan kondisi cuaca

  1. Untuk mata lebih sehat

Kandungan retinol yang tinggi pada vitamin A dapat membuat mata memiliki kemampuan menangkap cahaya dan objek apapun yang diterima oleh rertina menuju saraf otak untuk kemudian di visualisasikan secara akurat dan tepat.

Baik untuk mata

  1. Menghambat pergerakan sel kanker

Vitamin A yang dikonsumsi secara teratur setiap hari mampu menghambat dan mencegah munculnya DNA yang tumbuh subur didalam sel kanker yang ada dalam organ tubuh tertentu misalnya paru paru, usus, serviks, payudara, prostat dan hati.

  1. Pertumbuhan SEL

Manfaat vitamin A bagi tubuh memang sangat pening, karena memiliki fungsi untuk pertumbuhan sel tubuh. Vitamin a juga memiliki peran dalam pembentukan serta pertumbuhan sel.

selain 11 manfaat di atas, vitamin a juga memiliki manfaat lain yaitu :

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh :

  1. Vitamin A dapat menyembuhkan penyakit campak dan diare pada anak anak dan balita.
  2. Vitamin A mampu melindungi anak anak dari kekurangan gizi
  3. Vitamin A mampu mencegah bobot tubuh bayi menjadi rendah dan membiru ketika dilahirkan
  4. Vitamin A dapat mencegah ibu terserang penyakit anemia setelah masa persalinan
  5. Vitamin A terdapat pada ASI yang sangat bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh bayi
  6. Vitamin A dapat mencegah komplikasi pada ibu setelah masa persalinan
  7. Vitamin A dapat menurunkan tingkat stress dan ketegangan otot tubuh secara psikologis  setelah masa persalinan
  8. Vitamin A amampu memperbaiki jaringan yang luka atau memulihkan kembali kondisi kandungan( rahim ) setelah masa persalinan
  9. Dapat mengembalikan daya tahan tubuh pada ibu yang baru beberapa hari melahirkan.
  10. Vitamin A dapat memelihara pertumbuhan rambut dan kuku agar menjadi kuat dan tidak mudah rapuh
  11. Vitamin A dapat melancarkan buang air kecil dan memperkuat kandung kemih
  12. Vitamin A dapat memperkuat embrio pada janin yang berusia muda dan melindungi organ organnya yang sedang tumbuh.
  13. Kebutuhan Vitamin A yang mencukupi pada ibu hamil mampu mencegah xerosis kornea dan mencegah rabun senja pada bayi ketika dilahirkan
  14. Vitamin A mampu menjaga dan melindungi sel sel kelenjar sehingga kulit terhindar dari kekeringan, bersisi dan mudah luka.
  15. Vitamin A dapat memelihara kelancaaran sistem pencernaan dan melindungi dinding lambung dari peradangan dan luka.

 

Akibat Kelebihan Vitamin A

Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A juga tidak dibenarkan karena dapat menyebabkan keluhan kesehatan yang tidak pernah anda bayangakan sebelumnya. Diantaranya:

  • Pada wanita akan menyebabkan kekacauan dan ketidak teraturan siklus haid dan mengakibatkan nafsu makan hilang.
  • Dapat menyebabkan kesulitan untuk menggerakan otot tubuh
  • Dapat menimbulkan sakit kepala yang berulang
  • Dapat menyebabkan perut mual dan muntah muntah yang di iringi tubuh lemas
  • Dapat menyebabkan hidprosefalus (pembesaran kepala) pada bayi yang sedang dilahirkan
  • Menyebabkan bentuk kepala bayi yang baru dilahirkan menjadi  tidak simetris dan tumbuh benjolan yang tidak beraturan dipermukaan kepala bayi
  • Menyebabkan alat USG kesulitan dalam menditeksi  kecatatan pada bayi yang masih berada dalam kandungan secara akurat
  • Dapt memicu kerusakan pada jaringan limfa dan hati secara bertahap
  • Dapat menyebabkan kelainan jantung pada baayi yang baru dilahirkan
  • Dapat meyebabkan kerusakan dan kelainan pada saluran kandung kemih pada bayi yang baru saja dilahirkan
  • Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kadar kalsium dalam tubuh menjadi meningkat tajam , kondisi ini dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menurunkan daya tahan tubuh.
  • Vitamin A dapat menjaga dan melindungi selaput bening mata dari kerusakan yang menyebabkan mata menderita kekeringan .
  • Vitamin A mampu menjaga kolagen dan minyak alami yang tersembunyi dibawah kulit agar kulit terhindar dari kekeringan yang hanya akan menyebabkan kulit mudah dihinggapi bakteri daan jamur yang dihasilkan dari racun didalam tubuh serta polusi dari udara.

Akibat Kekurangan vitamin A

Akibat kekurangan vitamin a dapat menyebabkan keluhan kesehatan yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. Diantaranya :

  • Kekurangan vitamin A pada saat ibu sedang hamil , ketika bayi dilahirkan akan mengalami kerusakan kornea mata ( Xerosis ) dan dapat menyebabkan rabun senja.
  • Kekurangan vitamin A dalam jangka panjang dapat merusak sel T yang dikenal sangat mempengaruhi kekuatan daya tahan tubuh seseorang
  • Kekurangan Vitamin A dapat memicu Infeksi saluran pernafasan atas yang sulit disembuhkan
  • Kekurangan vitamin A mampu merusak fungsi sel kelenjar yang bertugas menjaga kulit agar terhindar dari kekeringan, dehidrasi, bersisik kasar dan gatal gatal. Jika kulit terserang peradangang maka tidak akan mudah untuk disembuhkan karena daya tahan tubuh menurun dratis.
  • Menyebabkan usus kesulitan dalam menyerap air karena kekurangan vitamin A dapat menginfeksi kandung kemih dan sekitar alat pencernaan.
  • Kekurangan vitamin A mampu membuat mata menderita dehidrasi akut atau kekeringan yang menyebabkan  kerusakan pada selaput bening mata

Untuk mempercepat penyerapan vitamin A didalam tubuh sebaiknya jumlah lemak yang ada dalam tubuh berada pada posisi yang cukup dan tidak berlebihan. mengapa?

  • Karena Kekurangan lemak didalam tubuh ternyata dapat menyebabkan vitamin A kesulitan untuk memecahkan dirinya agar segera terserap oleh darah dan mengalirkannya keseluruh jaringan penting organ tubuh. Vitamin A hanya bisa tersebar merata dijaringan tubuh jika mendapat bantuan dari adanya lemak didalam tubuh dengan jumlah yang cukup (tidaak kurang tidak lebih)
  • Suplemen vitamin A dapat dijadikan sebagai alternatif untuk pemenuhan kebutuhan vitamin A jika memang anda memiliki rutinitas yang padat atau para ibu yang habis melahirkan yang  tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin A secara konsisten dan teratur. Tetapi selama penggunaan suplemen pastikan jumlah lemak dalam tubuh mencukupi dengan baik.
  • Lemak trans yang dihasilkan dari makanan yang mengandung lemak jenuh secara berlebihan didalam tubuh dapat menghambat dan menyumbat penyerapan vitamin A untuk dapat menyebar ke segala pembuluh darah akibatnya tubuh kekurangan vitamin A.

Manfaat vitamin A bagi tubuh dan kesehatan mata memang sangat besar sekali, namun tentu anda tidak membayangkan ada lebih dari 30 manfaat yang dapat diperoleh dari vitamin A

Copy by 25 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh (No.4 Super) - Manfaat.co.id

Dibaca 35 Kali Terakhir Diperbaharui Senin, 18 Juli 2022 02:38
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
  • 1