Puskesmas Kupang Kota

Info Kesehatan

PENTINGNYA SISTIM IMUN PADA TUBUH

Ditulis Oleh | Rabu, 28 Juli 2021 00:17
Beri Rating
(0 votes)
PENTINGNYA SISTIM IMUN PADA TUBUH

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi sangat sentral dalam pertahanan tubuh manusia. Tanpa sistem imun, tubuh akan rentan terkena serangan kuman, parasit, atau virus. Sistem imun juga lah yang berperan melawan serangan berbagai jenis patogen, sehingga tubuh Anda tetap berada dalam kondisi sehat.

Sistem Imun Vs Virus Corona

Imun tubuh yang kuat berperan penting untuk melawan infeksi virus. Ketika memasuki tubuh, virus corona akan menempel pada dinding sel-sel saluran pernapasan dan paru-paru, kemudian masuk ke dalamnya untuk mengembangkan infeksi. Proses tersebut tentunya akan terdeteksi oleh sistem imun. Selanjutnya, sistem imun akan beraksi dengan cara mengirim sel darah putih untuk membentuk antibodi yang akan melawan virus tersebut.

 

 

Reaksi perlawanan tubuh terhadap infeksi virus corona ini akan memunculkan beberapa gejala, seperti misalnya demam. Gejala tersebut biasanya akan muncul dalam 2-14 hari, setelah virus memasuki tubuh. Pada orang yang sistem imunnya kuat, virus corona yang menginfeksi tubuh akan berhasil kalah, sehingga gejalanya pun mereda dan orang itu akan sembuh dengan sendirinya.

 

Namun, jika sistem imun seseorang tidak cukup kuat, atau justru bereaksi berlebihan, orang tersebut akan mengalami gejala yang lebih berat. Misalnya, demam tinggi, sesak napas, hingga kerusakan organ. Kondisi ini juga berisiko pada orang lanjut usia (lansia) dan yang mengidap penyakit penyerta sebelumnya, seperti diabetes, kanker, atau HIV.

Pentingnya Memiliki Sistem Imun yang Kuat

Dari penjelasan tadi, dapat disimpulkan bahwa memiliki sistem imun yang kuat adalah hal yang sangat penting, sekaligus kunci dalam melawan virus corona. Untuk itu, kamu perlu menaruh perhatian lebih pada upaya peningkatan sistem imun, agar terhindar dari COVID-19 dan penyakit berbahaya lainnya. Nah, berikut cara-cara alami nan mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan sistem imun:

 

  • Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Untuk memperkuat sistem imun, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dalam jumlah yang cukup. Misalnya, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Jangan lupa juga untuk memperbanyak asupan makanan tinggi antioksidan seperti buah dan sayur setiap harinya, agar tubuh bisa melawan radikal bebas, yang bisa menurunkan kinerja sistem imun.

  • Rutin Berolahraga

Olahraga rutin telah terbukti mampu meningkatkan sistem imun dan meredakan peradangan dalam tubuh. Jadi, sempatkanlah untuk selalu berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya.

  • Kelola Stres dengan Baik

Stres berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Akibatnya, kerja sistem imun dalam melawan infeksi pun akan terganggu. Oleh sebab itu, upayakan untuk selalu mengelola stres dengan baik supaya sistem imun kamu tetap terjaga dan kuat melawan infeksi virus corona. Caranya, bisa dengan meluangkan waktu untuk hobi dan hal-hal menyenangkan, dan melakukan meditasi.

  • Tidur yang Cukup

Meski terdengar sederhana, kurang tidur telah terbukti bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah penurunan kekuatan sistem imun, sehingga beragam penyakit dapat lebih mudah menyerang tubuh. Dengan tidur yang cukup, sistem imun dapat lebih kuat dalam melawan paparan virus corona. Rata-rata, orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7–8 jam setiap harinya, sedangkan anak-anak sekitar 10 jam atau lebih.

  • Mengonsumsi Suplemen Antioksidan

Selain melakukan beberapa cara yang telah dijelaskan tadi, penting juga untuk mengonsumsi suplemen yang bisa meningkatkan sistem imun. Salah satu jenis suplemen yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan kekuatan sistem imun adalah suplemen antioksidan. Alasannya, karena asupan antioksidan dapat melawan radikal bebas yang masuk dan melemahkan sistem imun tubuh.

 

Dibaca 86 Kali Terakhir Diperbaharui Rabu, 28 Juli 2021 00:30
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
  • 1