Puskesmas Kupang Kota

Info Kesehatan

LALAT BERBAHAYA ??? AYO MARI MENGENAL LEBIH JAUH...

Ditulis Oleh | Selasa, 16 Februari 2021 00:58
Beri Rating
(0 votes)
LALAT BERBAHAYA ??? AYO MARI MENGENAL  LEBIH JAUH...

Mengapa lalat suka berada di tempat kotor? Lalat suka tempat kotor karena itu berarti ada makanan atau untuk menaruh larvanya di tempat kotor tersebut. Menurut Illinois Department of Public Health, lalat bertelur di dalam atau di dekat sumber makanannya, yaitu kotoran, makanan busuk dan bangkai. Itu sebabnya lalat adalah hewan yang suka di tempat-tempat kotor.

Mengutip Pest World for Kids, lalat dapat bertelur di tong sampah, kotoran, bahan organik yang membusuk, dan tumpukan kompos. Lalat betina bisa bertelur antara 75 hingga 150 telur sekaligus. Ukuran telur lalat sangat kecil sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang.

 

Di bawah ini adalah beberapa fakta tentang lalat rumah yang mungkin belum Anda pernah ketahui sebelumnya, misalnya seperti:

 

  • Lalat berkembang biak dengan cepat
  • Lalat hidup dalam waktu yang singkat
  • Hanya memiliki sepasang sayap
  • Tidak memiliki gigi
  • Lalat aktif di siang hari
  • Setiap jenis lalat memiliki makanan kesukaan tersendiri
  • Lalat memiliki tempat istirahat kesukaan
  • Lalat mampu melihat apa yang ada di belakangnya
  • Kebiasaan berkembang biak di tempat yang kotor dan tidak higienis
  • Lalat berpotensi mengkontaminasi makanan Anda
  1. Lalat berkembang biak dengan cepat

Lalat rumah dikenal memiliki kualitas reproduksi yang efisien. Seekor lalat rumah betina dapat bertelur lebih dari 2.000 telur dalam beberapa batch, dan menetas hanya dalam waktu 8 – 20 jam. Selain itu lalat hanya membutuhkan waktu 7 – 10 hari untuk berkembang sepenuhnya dari telur hingga lalat dewasa.

 

Oleh karenanya, Anda tidak dapat menyepelekan masalah lalat yang ada - karena mereka dapat menjadi gangguan nyata di sekitar rumah atau tempat bisnis Anda hanya dalam waktu singkat.

 

  1. Lalat hidup dalam waktu yang singkat

Meskipun lalat dikenal memiliki kualitas reproduksi yang efisien, namun ternyata lalat hanya mampu hidup dalam waktu yang cukup singkat. Lalat rumah dewasa hanya mampu hidup dalam rentang waktu 15 – 30 hari, dan tanpa makan mereka hanya dapat hidup paling lama 2 – 3 hari.

 

  1. Hanya memiliki sepasang sayap

kenapa banyak lalat Tidak seperti serangga pada umumnya yang memiliki dua pasang sayap, lalat rumah hanya memiliki sepasang sayap membran. Sepasang sayap lalat rumah digunakan untuk menyeimbangkan badan selama mereka terbang.

 

  1. Tidak memiliki gigi

Lalat rumah tidak memiliki gigi, melainkan sebuah lidah panjang yang disebut sebagai belalai yang digunakan untuk menghisap sumber makanan seperti sedotan.

 

Karena lalat hanya bisa bisa mencerna makanan dalam bentuk cair, lalat dapat mengubah makanan padat menjadi cair dengan cara meludah atau muntah di atasnya.

 

Pastikan untuk selalu menyimpan makanan Anda di tempat yang tertutup, sehingga tidak ada kesempatan untuk lalat dapat mendarat di atas makanan dan menyedotnya!

 

  1. Lalat aktif di siang hari

Sama seperti manusia, lalat rumah aktif di siang hari terutama ketika cuaca cerah dan hangat danakan beristirahat pada malam hari.

 

Menurut penilitan dari Departemen Entomologi Universitas Cornell, sebagian besar lalat akan beraktivitas ketika cuaca cerah dan suhunya antara 80 dan 90 derajat Fahrenheit (atau 27 - 32 derajat celcius). Ketika suhu turun di bawah 45 derajat Fahrenheit atau ketika matahari terbenam, lalat akan kembali ke kondisi istirahat.

 

  1. Setiap jenis lalat memiliki makanan kesukaan tersendiri

Setiap spesies atau jenis lalat memiliki ketertarikan yang berbeda terhadap apa yang akan mereka makan. Jenis lalat daging misalnya tertarik terhadap sisa daging, lalat buah lebih menyukai buah, sayuran dan produk-produk berbahan dasar ragi, dan sedangkan jenis lalat rumah tertarik pada makanan atau material yang telah membusuk dan terfermentasi.

 

  1. Lalat memiliki tempat istirahat kesukaan

Lalat rumah beristirahat secara berkala dibanyak tempat. Ketika di dalam rumah, lalat akan beristirahat di tempat seperti lantai, dinding, dan langit-langit yang dekat dengan sumber makanan mereka.

 

Ketika berada diluar ruangan mereka akan beristirahat di tanaman, tanah, tempat sampah dan permukaan serupa lainnya.

 

  1. Lalat mampu melihat apa yang ada di belakangnya

jenis lalat rumah

Mereka memiliki ribuan lensa kecil atau disebut dengan ommatidia yang membentuk mata atau penglihatan bagi seekor lalat. Mata majemuk ini memungkinkan lalat rumah untuk melihat 360 derajat sekaligus; atau dengan kata lain memungkinkan mereka untuk melihat apa yang ada di belakangnya!

 

Selain itu, mata majemuk yang dimiliki oleh lalat juga berfungsi untuk meningkatkan kepekaan mereka terhadap perubahan pola cahaya. Menjebak lalat rumah dengan menggunakan perangkap lalat elektrik yang memanfaatkan sinar UV dianggap sangat efisien untuk mengendalikan populasinya.

 

  1. Kebiasaan berkembang biak di tempat yang kotor dan tidak higienis

Lalat rumah bukan serangga yang menyukai kebersihan! Mereka baisa berkembang biak di tempat-tempat kotor dan tidak higienis seperti pada:

 

  • Tempat sampah
  • Kotoran manusia
  • Kotoran binatang
  • Hal-hal yang sudah membusuk

Selalu pastikan kualitas kebersihan dan sanitasi terbaik di rumah atau tempat usaha Anda, sehingga tempat dimana biasa Anda beraktivitas tidak menjadi tempat yang menyenangkan bagi lalat berkembang biak.

 

  1. Lalat berpotensi mengkontaminasi makanan Anda

Lalat dapat buang air besar setiap 4 – 5 menit dan mereka melakukannya di mana saja. Sehingga, sebagai pembawa utama sumber penyakit, mereka dapat menyebarkan bakteri serta organisme infeksius yang menimbulkan ancaman kesehatan serius bagi manusia.

 

Alasan lain mengapa lalat mudah mencemari makanan adalah karena kemampuannya menempel di permukaan atau tempat dalam waktu lama karena lengketnya bantalan kaki yang mereka miliki.

 

https://www.rentokil.co.id/tips-mudah-mengendalikan-hama/fakta-menarik-tentang-hama/10-fakta-lalat-rumah-yang-belum-anda-ketahui/

Dibaca 168 Kali
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
  • 1