Puskesmas Kupang Kota

Info Kesehatan

COVID-19 R.1 VIRUS CORONA TERBARU

Ditulis Oleh | Senin, 01 November 2021 02:01
Beri Rating
(1 Vote)
COVID-19 R.1 VIRUS CORONA TERBARU

Varian baru virus Corona kembali menjadi perhatian masyarakat dunia. Varian Covid-19 yang diberi nama R.1 itu sedang dalam pengawasan para ilmuwan di Amerika Serikat (AS).

46 kasus Covid-19 teridentifikasi di panti tersebut, terdiri dari 26 penghuni yang 18 di antaranya telah vaksinasi penuh, dan 20 petugas kesehatan yang empat di antaranya telah menerima vaksin Covid-19. Gejala infeksi Covid-19 pada penghuni yang belum diberi vaksin tiga kali lebih tinggi daripada penduduk yang telah vaksinasi. Sementara itu, petugas kesehatan yang belum vaksinasi mengalami tingkat infeksi 4,1 kali lebih tinggi dari pada petugas kesehatan yang telah vaksinasi.

Akibat wabah virus Corona varian R.1, tiga penghuni panti reda meninggal dunia, termasuk dua orang yang belum diberi vaksin Covid-19.

Meski telah merenggut korban jiwa, CDC AS belum menetapkan virus Corona varian R.1 sebagai variant of concern (VoC) atau variant of interest (VoI).

 

 

Karakteristik Covid-19 varian R.1 CDC menyebutkan bahwa varian R.1 memiliki beberapa karakteristik mutasi penting, seperti peningkatan penularan virus, berkurangnya efektivitas terapi konvalesen dan pasca-vaksinasi, serta berpotensi mengurangi efektivitas antibodi. 25,4 persen penghuni panti reda itu telah menerima vaksin dan 7,1 persen perawat yang telah vaksinasi tetap dapat terinfeksi Covid-19, meskipun dengan gejala yang lebih kecil dibandingkan yang belum vaksinasi. Selain itu, terdapat empat kasus yang teridentifikasi sebagai infeksi ulang virus Corona varian R.1. Hal itu memunculkan dugaan adanya kekebalan alami yang menurun terhadap varian baru Covid-19 tersebut.

 

 Sejauh ini, varian R.1 telah terdeteksi di 47 negara bagian AS dan dikaitkan dengan 2.259 kasus positif Covid-19. Menurut peneliti senior di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health's Center for Health Security, Amesh A. Adalja, MD, varian R.1 merupakan versi virus SARS-CoV-2 yang mengalami mutasi terkait dengan perubahan fungsi virus. Dengan begitu, virus Corona varian R.1 dapat memicu gejala berbeda dari virus versi asli pada setiap orang yang terinfeksi.

 

Tidak separah varian Delta

Masalahnya adalah mutasi ini memang memiliki mutasi yang kita lihat dengan varian B dan G yang dilupakan orang," ujar Adalja. "Itu mungkin membuat infeksi terobosan lebih umum, tetapi ini bukan tentang itu.

transmisibilitas akan berpengaruh terhadap tingkat keparahan suatu varian baru Covid-19. Akan tetapi, varian baru ini tidak akan sebanding dengan virus Corona varian Delta. Sejauh ini, varian R.1 menyumbang 0,5 persen dari kasus Covid-19 di AS serta di negara lainnya Menurut profesor peneliti penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Feinberg Northwestern, Ramon Lorenzo Redondo, PhD, mutasi varian R.1 yang ditemukan di AS belum diurutkan atau belum diidentifikasi secara genetik.

 

seperti dilansir

Ini 9 Varian Baru Covid-19 beserta Gejalanya (kompas.com)

Dibaca 111 Kali Terakhir Diperbaharui Rabu, 24 November 2021 04:27
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
  • 1