Puskesmas Kupang Kota

Info Kesehatan

4 TIPS RAWAT GIGI SENDIRI DISAAT PANDEMI CORONA

Ditulis Oleh | Kamis, 30 April 2020 05:46
Beri Rating
(0 votes)
4 TIPS RAWAT GIGI SENDIRI DISAAT PANDEMI CORONA

 

Menerapkan hidup sehat, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh sepanjang hari. Menjaga kebersihan tubuh juga bukan hanya dengan mandi lho, tapi juga dengan memastikan tangan selalu bersih, begitu juga dengan gigi. Merawat gigi tetap bersih dan sehat bukan hanya penting buatmu sendiri, tapi juga akan membantu mencegah penyakit dan penyebaran infeksi pada orang lain.

 

Nah, mengingat pentingnya merawat gigi sejak kecil, Moni akan kasih kamu beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga gigimu selalu bersih dan sehat.

 

  1. Perhatikan Jenis Makananmu, Batasi Makanan dan Minuman yang Manis

Membatasi makanan dan minuman yang manis berdampak pada berkurangnya kadar gula yang masuk. Gula yang ada di mulut nantinya akan diubah menjadi asam, yang kemudian akan mengikis perlahan email gigi (lapisan gigi yang keras). Semakin banyak kadar gula yang dikonsumsi, maka semakin tinggi juga asam yang akan mengenai gigi.

 

Sisa makanan juga menjadi penyebab lubang pada gigi (caries) mudah terjadi. Ini karena sisa makanan yang menempel pada gigi kemudian diubah oleh bakteri normal yg ada di mulut menjadi asam. Asam dapat melarutkan mineral pembentuk gigi sedikit demi sedikit yang akhirnya terjadi lubang. Tentu, kamu nggak diminta untuk nggak boleh makan makanan yang mengandung gula sama sekali. Tapi, batasi konsumsi secukupnya.

  1. Jangan Lupa Sikat Gigi Sebelum Tidur

Dianjurkan sikat gigi dua kali sehari, setiap pagi setelah sarapan dan sebelum tidur. Namun, banyak orang masih sering lupa bahkan malas menyikat gigi sebelum tidur. Kenapa penting menyikat gigi sebelum tidur?

 

Karena sisa-sisa makanan yang ada di gigi (dan seringkali kamu nggak sadar tentang itu) akan tetap tinggal pada gigi semalaman jika tidak dibersihkan. Akibatnya, sisa-sisa makanan itu dapat membusuk dan ikutan merusak gigimu. Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan karenanya adalah gingivitis atau infeksi yang terjadi pada gigi dan disebabkan oleh bakteri. Bila dibiarkan terus-menerus, ia akan menjadi lebih serius dan menyebabkan terjadinya periodontitis.

  1. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Jangan hanya memilih pasta gigi yang dapat membuat gigi menjadi putih, tapi pastikan juga bahwa ia mengandung fluoride. Kenapa? Soalnya fluoride akan bekerja melindungi gigi dari resiko rusak dan busuk. Ia akan melawan bakteri dan menyediakan perlindungan yang aman bagi gigi. Setiap orang tentu punya sensitivitas giginya masing-masing. Maka dari itu, gunakanlah pasta gigi yang sesuai dengan gigimu sendiri ya.

  1. Ganti Sikat Gigi Secara Teratur

Mengganti sikat gigi secara rutin adalah hal yang kerap kali dilupakan. Saking sibuk atau malasnya, jangan-jangan kamu jarang mengganti sikat gigimu hingga bulu-bulu sikatnya sudah rusak tak beraturan. Padahal, bulu-bulu sikat yang rusak dan masih digunakan justru akan merusak gigimu, alih-alih membersihkan kotoran yang ada di sela-sela gigi. Maka dari itu, rutinlah mengganti sikat gigi yang kamu gunakan sehari-harinya.

 

Dibaca 308 Kali Terakhir Diperbaharui Kamis, 30 April 2020 05:49
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
  • 1