Hans Mandala

Hans Mandala

Website URL: http://puskkk.dinkes-kotakupang.web.id   |   Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

BERAS MERAH LEBIH SEHAT

Senin, 24 Agustus 2020 05:33

Baik mana Merah atau Putih ????

 

Nasi merah sering dijadikan alternatif makanan pokok selain nasi putih. Bahkan nasi merah dijadikan asupan utama bagi mereka yang sedang berdiet atau menjalani pola hidup sehat.

 

Apakah Anda tahu apa saja perbedaan beras merah dengan beras putih dari segi kandungan gizi? Ini jawabannya.

 

  1. Seratnya lebih tinggi

 

Beras merah dianggap sebagai salah satu jenis beras yang paling bernutrisi, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit. Satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 1.8 gram lemak, 3.5 gram serat, dan 45.8 gram karbohidrat.

 

Sedangkan dengan porsi yang sama, beras putih mengandung 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 53.2 gram karbohidrat, dan 0.6 gram serat. Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih.

 

  1. Vitaminnya lebih banyak

 

Beras merah merupakan sumber thiamine, niacin, dan vitamin B6 yang baik. Pada satu porsi beras merah mengandung 0.2 mg thiamine, 2.6 mg niacin, dan 0.3 mg vitamin B6.

 

Beberapa beras putih yang dijual di pasaran kini menambahkan vitamin B yang umumnya hilang pada masa pengolahan. Vitamin B ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

 

  1. Mineralnya lebih kaya

 

Setiap porsi beras merah dapat memberikan kandungan 86 mg magnesium (22% dari anjuran asupan harian) dan 150 mg fosfor (15% dari anjuran asupan harian).

 

Sedangkan beras putih ‘hanya’ menyumbang 24 mg magnesium dan 69 mg fosfor. Magnesium penting untuk menjaga fungsi imunitas, jantung, dan saraf.

 

Sementara fosfor dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal, tulang, dan gigi.

 

  1. Indeks glikemiknya lebih rendah, baik untuk mengontrol gula darah

 

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, mereka yang makan beras merah memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan jika dibandingkan dengan beras putih.

 

Mengapa? Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik beras merah lebih rendah (55) jika dibandingkan dengan beras putih (86). Hal ini dikarenakan oleh kandungan serat, polifenol dan phytic acid yang lebih tinggi pada beras merah.

 

Indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah. Indeks glikemik yang rendah mengindikasikan makanan tersebut lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

 

Dengan mengganti konsumsi nasi putih Anda dengan nasi merah, menurut penelitian yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine tahun 2011, risiko diabetes Anda dapat menurun.

 

  1. Kalorinya lebih sedikit, efektif menurunkan berat badan

 

Mengganti nasi putih yang biasa Anda konsumsi dengan nasi merah dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan, karena menyumbang kalori lebih sedikit.

 

Selain itu, nasi merah memiliki kadar serat yang lebih tinggi sehingga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dan tidak makan berlebihan.

 

Namun, dengan mengonsumsi nasi merah yang dimasak dari beras ini setiap hari tidak serta-merta akan membuat Anda menjadi langsing.  Karena dalam menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi kalori lebih sedikit dan membakar kalori lebih banyak melalui olahraga.

 

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/beras-merah-lebih-sehat-nasi-putih/#gref

UBI UNGU TINGGI BETAKAROTEN

Senin, 24 Agustus 2020 05:15

 

Betakaroten ada dalam pangan yang berasal dari tumbuhan. Khususnya, yang berwarna jingga atau ungu. Dalam ubi ungu, kandungan betakarotennya paling tinggi. Kenapa? Itu anugerah Sang Khalik. Beras tidak mengandung betakaroten kecuali mengalami proses rekayasa genetika.

Betakaroten antioksidan yang berfungsi menambah sistem kekebalan tubuh, menghindarkan tubuh dari infeksi. Itu sebabnya ubi jalar ungu sangat baik dikonsumsi anak-anak. Anak-anak rentan terhadap infeksi saluran pencernaan (diare) dan saluran pernapasan atas.

Metagenik adalah perubahan sel tubuh manusia menjadi lebih ganas lewat proses mutasi gen. Karsinogenik, zat pencetus kanker. Ubi jalar ungu bersifat antimetagenik dan antikarsinogenik. Dengan kata lain, antikanker,” urai Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS.

“Namun, karena elemen protein beras lebih tinggi daripada ubi, Anda patut mengimbangi konsumsi ubi jalar ungu dengan lauk kaya protein seperti ikan dan telur,”

Berikut adalah hasil perbandingan:

 

Kandungan gizi

Beras

Ubi jalar ungu

Energi (kalori)

360

123

Protein     (gram)

6,8

1,8

Lemak    (gram)

0,7

0,7

Karbohidrat (gram)

78,9

27,9

Kalsium (miligram)

6

30

Zat besi (miligram)

0,8

1

Vitamin C (miligram)

0

21,43

Betakaroten (mikrogram) 

0

9.900

Antosianin (miligram)

0

110,51

Air (persen)

13,0

68,50

 

Copy by https://aura.tabloidbintang.com/cantik-sehat/read/47810/ubi-jalar-ungu-raja-betakaroten

ASAM LAMBUNG JANGAN DIANGGAP REMEH

Senin, 24 Agustus 2020 05:00

Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala penyakit ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada. Walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

 

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu.

 

Gejala Penyakit Asam Lambung

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

 

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

 

Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, dan wanita hamil.

 

Diagnosis Penyakit Asam Lambung

Keluhan heartburn pada penderita asam lambung akan dirasakan paling tidak 2 kali dalam seminggu. Bila pasien datang dengan keluhan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan serangkaian tes penunjang. Pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh dokter adalah gastroskopi, foto Rontgen, pemeriksaan pH kerongkongan, serta tes kekuatan otot kerongkongan (manometri).

 

Pengobatan Penyakit Asam Lambung

GERD dapat diatasi dengan mengubah perilaku sehari-hari, seperti menurunkan berat badan, tidak langsung berbaring setelah makan, dan berhenti merokok. Dokter gastroenterologi juga dapat memberikan obat-obatan untuk mengatasi penyakit asam lambung dan meringankan maag akibat asam lambung. Obat yang diberikan adalah obat yang dapat menetralkan asam lambung, menurunkan produksi asam lambung, dan obat yang mempercepat pengosongan lambung. Jika cara tersebut belum dapat mengatasi penyakit asam lambung, operasi dapat dilakukan.

 

Pengobatan asam lambung cukup bervariasi mulai dari perubahan gaya hidup hingga langkah operasi, yang memerlukan biaya tidak sedikit. Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan bisa menjadi solusi praktis untuk menghemat kemungkinan biaya pengobatan kondisi saat ini, maupun nanti.

 

Komplikasi Penyakit Asam Lambung

Penanganan penyakit asam lambung yang tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi berupa peradangan pada saluran kerongkongan atau esofagus. Peradangan tersebut dapat menyebabkan munculnya luka hingga jaringan parut di kerongkongan, sehingga penderita jadi sulit menelan.

 

Kondisi  ini juga dapat memicu terjadinya esofagus Barrett, yaitu penyakit yang berisiko menimbulkan kanker esofagus.

 

Copy by https://www.alodokter.com/penyakit-asam-lambung

DIET PAKAI OBAT? SEHATKAH..!!

Rabu, 29 Juli 2020 01:00

Ada banyak cara untuk melangsingkan tubuh. Bagi yang ingin mendapat hasil cepat atau instan, mengonsumsi obat pelangsing kerap dijadikan pilihan. Namun, kita perlu tahu bahwa mengonsumsi obat pelangsing bisa memberi sejumlah efek samping.

 

Sesuai Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas (Depkes RI, 2006), Manajemen Puskesmas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergik yang meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian. Penerapan manajemen penggerakan pelaksanaan dalam bentuk forum pertemuan yang dikenal dengan Lokakarya Mini.

JADWAL MAKAN OBAT YANG BENAR

Selasa, 28 Juli 2020 02:03

Berkaitan dengan penggunaan obat, ada banyak hal yang mesti kita ketahui sebagai seorang yang ingin sembuh, kekurang telitian atau kesalahan karena kurang patuh terhadap petunjuk atau saran mengenai penggunaan obat akan berakibat fatal bagi penyembuhan kita dan berpengaruh pada produktifitas dalam keseharian kita.

Meskipun  Virus Corona (Covid-19) masih belum berakhir, kegiatan posyandu Balita tetap digelar dan berjalan dengan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Posyandu  balita merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan karena untuk memperhatikan kesehatan Balita.

 

 

 

Pada salah satu Posyandu, diberikan bantuan langsung Berupa Face Shield, Masker & sabun Cuci tangan Oleh kepala Puskesmas Kupang Kota Dr Trio Hardhina.

 

 

Adapun beberapa persiapan yang disiapkan salah satunya adalah pembagian Face Shield dan Masker Kain bagi kader posyandu Balita yang melakukan kegiatan penimbangan,

Adapun juga diatur jarak meja dan kursi bagi masyarakat yang datang.

 

 

 

Diharapkan masyarakat tetap mematuhi peraturan New Normal ini yang bertujuan menjaga kesehatan kita bersama sejak dini.

 

 

Rabu 08/07/2020 Bertempat di Puskesmas Kupang Kota, di lakukan sosialiasi Aplikasi E-Kinerja tujuannya untuk mempermudah PNS dalam mencatat hasil kegiatan tugas jabatan masing-masing PNS sesuai dengan tupoksi masing-masing PNS. "Ke depan, pelaporan kinerja kita juga semakin komplit karena berbasis SKP dengan finger print atau absensi Online Ujar Pak Rahmad S Ardi.SE dari BKPPD Kota Kupang.

 

Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat mempermudah pejabat struktural dalam proses monitoring, evaluasi, dan pengawasan kinerja serta penilaian perilaku kerja staff atau bawahannya.

Pak Rahmat juga menerangkan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada ASN tentang Penerapan e-Kinerja. Hal itu dilakukan demi menjamin objektifitas pembinaan ASN yang didasarkan pada sistem prestasi kerja dan sistem karir. “ASN memiliki posisi strategis dalam pemerintahan, sehingga dituntut mengembangkan kompetensi dalam melaksanakan tugasnya,” ujar dia.

Sehingga E- kinerja tersebut, Lanjutnya mempermudah pimpinan mengontrol dan mengawasi kinerja bawahannya dan juga tentunya hal ini dapat berdampak positif bagi ASN dalam memperbaiki kinerja dan kedisiplinan, sehingga ASN dapat berkerja maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.

Meski dalam situasi pandemic Covid-19 tidak menurunkan semangat Nutrisionist Mengantisipasi masalah gizi yang ada di Indonesia, terutama Wilayah  kerja puskesmas Kupang Kota.

Pandemi ini tidak menurunkan semangat dan gigihnya petugas Pada Puskesmas Kupang Kota dalam pelayanan kepada pasien.

Halaman 1 dari 8