Sibuk ??? Bukan Alasan Bagi Dokter & Tenaga Kesehatan Berikan ASI........ Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 24 September 2019 00:42 | Dibaca : 110 Kali | Terakhir Diperbaharui : Selasa, 24 September 2019 03:02
Sibuk ???   Bukan Alasan Bagi Dokter &  Tenaga Kesehatan Berikan ASI........

 Puskesmas Kupang Kota di pusat perkotaan Kota Kupang sebagai salah satu puskesmas ramah anak selalu gencar memberikan penyuluhan dan konsultasi tentang pentingnya pemberian IMD (Inisiasi Menyusui Dini) Dan  ASI. tak hanya itu pegawai nya juga giat dalam pemberian ASI  terhadap anak-anak mereka berawal dari  IMD  sampai 2 Tahun.


Adapun Dokter Dan Bidan di Puskesmas Kupang Kota disela-sela kesibukan mereka dalam melayani pasien dan pekerjaan lainnya, masih setia memberikan ASI secara Langsung maupun Diperah lalu disimpan di tempat yang steril. Dilihat secara kemampuan ekonomi, mereka sangat mampu, tapi mereka lebih memilih memberikan ASI saja dilihat dari segi Kualitas dan Kuantitas ASI

Bila dibandingkan ASI dengan produk susu kalengan atau formula untuk bayi, ASI tetap terunggul dan tak terkalahkan. Karena ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi seperti; DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasilus, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi. Oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apapun.

dr Shanty Angkie & Anak Kembar 5 Bulan : " karena ASI itu Hemat, gampang diberi untuk buah hati kita. "

 

dr Luh Gede Wiwin Witsari Dewi & Anak Berusia 1 Tahun 2 Bulan: "saya memberikan ASI karena saya mau memberi yang terbaik untuk anak saya, dalam Hal ini kandungan Gizinya, karena ASI terkandung Zat Gizi yang lengkap dan Antibodi serta Sehat dan tidak mudah sakit. selain itu Hemat, serta tidak ribet dalam mencuci botol susu dan sudah pasti ASI itu Steril. "

 

 

Bidan Yuliana Lawa, A.md Keb & Anak Berusia 6 Bulan : " karena ASI  adalah makanan yang terbaik untuk bayi, selain itu dari segi ekonomi sangat mengemat biaya, praktis, Hygienis. "

 

 

Berikut adalah beberapa manfaat dan kegunaan pemberian ASI bagi seorang ibu dan diantaranya yaitu :

  1. Ungkapan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya (bayinya). Ungkapan kasih sayang orang tua khususnya dalam hal ini adalah kasih sayang seorang ibu kepada anaknya adalah dengan memberikan ASI nya kepada bayi dan anak-anaknya. Sebuah bukti kasih sayang yang tak terelakkan dari seorang ibu kepada bayinya. Pemberian ASI seorang ibu kapada bayinya merupakan wujud kasih sayang yang nyata antara ibu dan anak bayi. Hubungan batin antara ibu dan bayi akan terjalin erat karena pada saat menyusui bayi menempel pada tubuh ibunya. Dengan begitu maka sang bayi bisa mendengarkan dengan jelas detak jantung ibu, serta juga bisa merasakan kehangatan sentuhan kulit ibu dan dekapan ibu yang penuh kasih sayang. Dan itu juga merupakan salah satu manfaat menyusui.

 

  1. Mencegah perdarahan setelah proses persalinan dan kelahiran. Dengan memberikan Inisiasi Menyusui Dini dari ibu kepada bayinya yang baru lahir maka hal ini yaitu memberikan ASI dan menyusui segera setelah melahirkan akan dapat mendorong terjadinya kontraksi rahim dan mencegah terjadinya perdarahan. Ini dapat membantu mempercepat proses kembalinya rahim ke posisi semula. Itu adalah salah satu manfaat ibu memberikan ASI bagi kesehatan dan juga pencegahan perdarahan post partum.

 

 

  1. Mengurangi akan resiko terkena kanker payudara dan kanker rahim. Dengan pemberian ASI maka manfaat ibu memberikan ASI salah satunya adalah mengurangi resiko terkena dua jenis kanker di atas. Menyusui dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Diperkirakan persentase pencegahannya mencapai 20%. Beberapa laporan dan penelitian juga menyebutkan bahwa menyusui juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker rahim.

 

  1. Mengurangi Berat badan ibu. Manfaat ibu memberikan ASI salah satunya adalah menurunkan berat badan. Seperti yang kita ketahui bahwasannya berat badan ibu selama menjalani proses kehamilan adalah bertambah dalam tiap bulannya. Nah dengan menyusui dan memberikan ASI ini dapat membantu ibu mengurangi berat badan. Sebagai informasi ketika menyusui itu berarti sama dengan membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari. Jumlah kalori yang sama jika anda berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam

 

 

  1. Alat Kontrasepsi Alamiah. Dengan seorang ibu menyusui dan memberikan ASI secara eksklusif dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Walaupun ini hanya berlaku selama 4 bulan setelah melahirkan, dan dengan catatan yang harus digaris bawahi bahwa pemberian ASI ini harus bersifat ekslusif. Hisapan bayi pada payudara ibu merangsang hormon prolaktin. Hormon prolaktin dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga menunda kesuburan. Ini juga salah satu bagian dari manfaat menyusui.

 

  1. Praktis dan Ekonomis. Berbeda dengan kita memberikan susu formula pada awal-awal kelahiran yang tentunya juga kurang praktis serta juga dengan harga susu formula yang dewasa ini semakin meningkat makanya akan menambah anggaran keluarga untuk membelikan susu formula. Selain komposisinya yang sempurna, asi juga sangat praktis dan ekonomis. Selain itu asi sangat praktis, ibu tidak perlu repot mencuci dan merebus botol pada masa pemberian asi ekslusif, sehingga bisa menambah waktu istirahat bagi ibu, khususnya di malam hari
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.