PENTINGNYA IMUNISASI BUKAN HOAX Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 02 Mei 2019 01:31 | Dibaca : 115 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 02 Mei 2019 01:46
PENTINGNYA IMUNISASI BUKAN HOAX

Tujuan penyelenggaraan PID Global yaitu mendorong langkah konkrit global dalam mendukung program imunisasi dengan fokus pada peningkatan peran aktif setiap pihak, mulai dari pimpinan wilayah/pengambil keputusan, mitra/donor, hingga masing-masing individu/anggota masyarakat. Tahun ini, ada 3 kelompok yang menjadi sasaran pelaksanaan PID, yaitu masyarakat umum, tenaga kesehatan, dan Pimpinan wilayah/pengambil keputusan dan mitra/donor.


Puskesmas Kupang Kota gencar melakukan kegiatan Pekan Imunisasi Dunia serentak dari tanggal 25-30 April 2019 di wilayah kerjanya. Bukan hanya itu, beberapa wilayah dalam kota kupang juga berpartisipasi dalam kegiatan di puskesmas ini meskipun berada diluar wilayah binaan Puskesmas Kupang Kota. Dalam 5 hari sudah melakukan pelayanan kepada 52 orang anak tutur pengelola Imunisasi Puskesmas Kupang Kota Ibu Jeni Nurmawati,SST.Mkes. adapun imunisasi yang diberikan antara lain BCG,HB0,DPT-HB-HIB, IPV, POLIO, MR, DPT Lanjutan dan MR Lanjutan.

Bahaya tidak Imunisasi itu Bukan HOAX, Menurut WHO sekitar 1,5 juta anak mengalami kematian tiap tahunnya karena penyakit yang  dapat dicegah dengan imunisasi. Pada 2018, terdapat kurang lebih 20 juta anak tidak mendapatkan imunisasi lengkap dan bahkan ada anak yang tidak mendapatkan imunisasi sama sekali.

Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah anak yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap cukup banyak. Situasi ini telah berdampak pada munculnya Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) seperti difteri, campak, dan polio.

Tantangan yang ditemukan salahsatunya masih kurangnya pemahaman tentang manfaat imunisasi dan kerugian ekonomi akibat kecacatan atau kematian yang timbul apabila anak yang berada di lingkungan sekitar tidak mendapatkan imunisasi lengkap.

Datang dan imunisasikanlah anak anda sesuai jadwalnya di fasilitas kesehatan terdekat.

Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.